POLRES GORONTALO
SELAMAT DATANG DI TRIBRATA NEWS POLRES GORONTALO

Tulisan Bergantian

Selasa, 02 Mei 2017

Polres Gorontalo Kembali Amankan Unjuk Rasa Di Kantor Bupati Dan DPRD Kabupaten Gorontalo Utara





limbotoresgorontalo.blogspot.co.id.       Polres Gorontalo mengamankan aksi unjuk rasa damai yang dilakukan oleh serikat pekerja Gema Gorontalo Lestari yang merupakan kelompok usaha hutan tanaman industri (HTI) dalam rangka memperingati Hari Buruh Nasional 01 Mei 2017, di halaman kantor Bupati Gorontalo Utara,  Selasa (02/05) pukul 10.45 wita.
Rudi Hartono Uno sebagai koordinator lapangan  (korlap) bersama sekitar 100 (seratus)  orang pengunjuk rasa lainnya dengan menggunakan 1 (satu) unit dump truk  dan 20 (dua puluh) unit sepada motor. Masa Aksi melakukan orasi dan diterima oleh Asisten I Bapak Mohamad  Enggowa  dan Kepala Kesbangpol  Bapak Abdul Wahab Paudi.
Dalam orasinya aksi masa menyampaikan beberapa tuntutan sebagai berikut :

1).          Pemerintah harus berpihak kepada investor yang akan mensejahterakan rakyat tanpa investor daerah ini tidak akan maju
2).      Saat ini ada oknum-oknum yang mencoba mengadu domba antara masyarakat dengan  pegawai HTI,  pemerintah harus berpihak kepada HTI  karena HTI sudah terbukti telah mensejahterakan masyarakat
3).      Kami meminta dukungan yang kongkrit, pemerintah harus melindungi investor sehingga  investor merasa aman bekerja di kabupaten gorontalo utara
4).         Kepada pemerintah daerah agar mengapresiasi investor yang ada
5).       Kami sebagai buruh yang bekerja di HTI meminta kepada pemerintah daerah jangan takut dengan adanya oknum-oknum yang mengatasnamakan masyarakat yang menolak HTI karena oknum-oknum tersebut memiliki kepentingan politik.
6).  Jangan hanya segelintir masyarakat yang mempunyai kepentingan politik dan kepentinganilegalloging pemerintah daerah mengorbankan kurang lebih 2000 pekerja yang ada di HTI.
7).         Massa aksi ingin berdialog langsung dengan bupati dan wakil bupati gorontalo utara.

Asisten I dan Kepala Kebangpol kabupaten Gorontalo Utara menerima aspirasi aksi massa serta memberi tanggapan bahwa pemerintah daerah kabupaten Gorontalo Utara sangat mendukung investor yang ada dan akan tetap mempertahankan HTI, karena mengangkat perekonomian yang ada di kabupaten Gorontalo Utara.

Setelah berorasi di depan kantor Bupati Gorontalo Utara, aksi massa bergerak ke kantor DPRD yang lokasinya bersebelahan dengan kantor Bupati, (pukul 11.40 wita). Di sana massa aksi dari serikat pekerja HTI bertemu dengan massa aksi dari BEM Universitas Gorontalo.

Di depan gedung DPRD kabupaten Gorontalo Utara massa aksi dari BEM Universitas Gorontalo dan serikat pekerja HTI diterima oleh wakil ketua DPRD kabupaten Gorontalo Utara Bapak Djafar Ismail.

Massa aksi dari Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Gorontalo yang berjumlah 20 (duapuluh) orang, dengan koordinator lapangan Adam Khalilullah, menggunakan 1 (unit) mobil pick up untuk membawa sound system dan 5 (lima) unit sepeda motor. Adapun tuntutan yakni mempertanyakan kebenaran tentang adanya salah seorang oknum anggota DPRD kab. Gorontalo Utara ke pihak kepolisian terkait dugaan tindak pidana penipuan. Pihak DPRD Kab. Gorontalo Utara dalam hal ini yang disampaikan oleh sdra. Djafar Ismail bahwa kasus tersebut telah ditangani oleh pihak kepolisian dan kasusnya saat ini masih dalam proses penyidikan oleh pihak kepolisian polda gorontalo.Setelah ada jawaban dari pihak DPRD kab. Gorontalo Utara, massa aksi dari BEM Universitas Gorontalo meninggalkan kantor DPRD.

Kemudian massa aksi dari serikat pekerja HTI, dengan korlap Herman Adam dalam orasinya menyampaikan :
-       Kami serikat pekerja HTI tujuan kami hari ini untuk mencari solusi.
-       Gorontalo Utara sama-sama kita perjuangkan untuk dapat mandiri dengan adanya investor dan kami tidak rela apabila ada segelintir orang dengan kepentingan pribadi ingin merongrong pemerintah daerah dengan cara membenturkan antara karyawan HTI dengan warga masyarakat.
   
Adapun tanggapan/ penyampaian yang disampaikan oleh wakil ketua DPRD Kab. Gorontalo Utara Sdra. Djafar Ismail sebagai berikut :
-       Pihak DPRD Kab. Gorontalo Utara mendukung adanya investor yang masuk dan selaku legislative siap untuk memback up setiap kebijakan terbaik yang diambil oleh pemerintah daerah
-       DPRD, pemda dan investor siap untuk saling bahu membahu demi kamajuan daerah untuk masyarakat lebih maju dan berkembang
-       Pihak DPRD mendengar dari berbagai pihak bahwa kehadiran HTI telah mengurangi penggangguran dengan adanya beberapa putera daerah yang bekerja di perusahaan HTI
-       DPRD Kab. Gorontalo Utara bahu membahu dan memperjuangkan agar perusahaan HTI tetap ada di Kab. Gorontalo Utara.
   
Hingga berakhirnya kegiatan unjuk rasa sekitar pukul 12.00 wita, situasi tetap dalam keadaan kondusif.(Humas Res Gtlo).

0 komentar:

Posting Komentar