POLRES GORONTALO
SELAMAT DATANG DI TRIBRATA NEWS POLRES GORONTALO

Tulisan Bergantian

Selasa, 08 Januari 2019

BRIPKA MARZUKI NUR MENYELESAIKAN PERMASALAHAN WARGA DENGAN PROBLEM SOLVING



Limbotoresgorontalo.blogspot.co.id, Limboto – Sesuai apa yang menjadi arahan dan petunjuk pimpinan Polri bahwa setiap personil Bhabinkamtibmas diharapkan dapat menjalankan perannya diwilayah binaannya, salah satunya membantu menyelesaikan / memecahkan permasalahan (problem solving) yang dialami oleh warga masyarakat namun melalui koridor diluar hukum formal melainkan melalui musyawarah kekeluargaan sepanjang akibat yang ditimbulkan tidak begitu berat.

seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Lauwono Polsek Telaga Polres Gorontalo Bripka Marzuki Nur melakukan problem solving permasalahan pengancaman dengan barang tajam yang dilakukan oleh Lk. Ikbal Tunas 22 tahun dan Halim Abdulah 23 tahun terhadap Lk. Yunus Hiola 30 tahun, Selasa (08/01).

Masalah tersebut bermula pada saat Lk. Yunus Hiola datang berkunjung ke rumah kakak kandungnya Lk. Youmin Hiola di Dusun 3 Desa Lauwonu Kec. Tilango, setibanya Lk. Yunus Hiola di rumah kaka kandungnya tiba tiba terdengar suara teriakan yang berasal dari belakang rumah Kaka kandungnya Lk. Youmin Hiola.

Mendengar suara teriakan tersebut secara reflex Lk. Yunus Hiola membalas teriakan tersebut,  beberapa menit kemudian datang 2 (dua) orang pemuda yang bernama Lk. Ikbal Tuna dan Lk. Halim Abdulah langsung menghampiri Lk. Yunus Hiola dan terjadi adu mulut diantara Lk. Yunus Hiola dan kedua pemuda tersebut.

Di saat terjadi adu mulut diantara Lk. Yunus Hiola dan kedua pemuda, tiba tiba salah satu pemuda yang bernama Lk. Ikbal Tuna langsung mengeluarkan sebilah pisah yang terselip di pinggang sebelah kirinya dan langsung mengarahkannya ke badan Lk. Yunus Hiola, mengetahui kejadian itu warga yang pada saat itu berada di luar rumah langsung datang melerai kedua pihak yang bertikai.

Dan akhirnya kedua pihak yang bertikai tersebut berhasil di pisahkan oleh warga, namun Lk. Yunus Hiola masih merasa jiwanya terancam sehingga Lk. Yunus Hiolang langsung melaporkannya ke Pemerintah Desa dan kemudian Kepala Desa menghubungi Bhabinkamtibmas untuk di selesaikan secara baik baik sehingga tidak terjadi dendam diantara kedua pihak yang bertikai.


Mendengar permasalahan tersebut, Bhabinkamtibmas melaksanakan koordinasi dengan Kepala Desa dengan mengedepankan musyawarah dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Kemudian Bhabinkamtibmas bersama Kepala Desa langsung mengundang kedua belah pihak yang bermasalah di Kantor Desa Lauwonu untuk dilakukan mediasi atas permasalah tersebut karena kedua belah pihak masih ada hubungan keluarga.

Setelah dilakukan musyawarah oleh Bhabinkamtibmas bersama Kepala Desa, mendapatkan hasil bahwa kedua belah pihak yang bermasalah sepakat untuk tidak melanjutkannya sampai ke ranah hukum dan saling meminta maaf atas perbuatan yang telah dilakukan oleh keduanya.

Di sela sela mediasi Bhabinkamtibmas berpesan kepada warganya apabila terjadi permasalahan ataupun tindak pidana di desa agar segera melaporkan kepada Pemerintah Desa dan akan di teruskan kepada Aparat Kepolisian dalam hal ini  Bhabinkamtibmas untuk di tindak lanjuti dan diharapkan untuk tidak main hakim sendiri sehingga tidak sampai ke rana hukum.

“Langkah ini segera diambil karena jika tidak segera diselesaikan, dikhawatirkan nanti akan timbul permasalahan baru dan mengarah pada tindak pidana,”Pungkas Bhabinkamtibmas.

Kegiatan mediasi tersebut, diakhiri dengan penanda tanganan surat pernyataan yang di saksikan oleh Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa serta saling berjabatan tangan saling meminta maaf  yang membuktikan tidak ada lagi dendam diantar kedua belah pihak yang bermasalah.




Penulis :           Desry
Publish :           L_Humas

1 komentar:

  1. Bersama Kami Agen Tembak Ikan Online Terbesar & Terpercaya!
    Dapatkan Bonus Cashback 5% - 10% / Bonus New Member 10%
    Hanya Minimal Deposit IDR 50.000,- Menangkan Jackpot Jutaan Rupiah..
    Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www. bolavita .site
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    BBM: BOLAVITA
    WeChat: BOLAVITA
    WA: +628122222995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus