POLRES GORONTALO
SELAMAT DATANG DI TRIBRATA NEWS POLRES GORONTALO

Tulisan Bergantian

Jumat, 15 Maret 2019

SINERGITAR TIGA PILAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH WARGA DENGAN PROBLEM SOLVING



Limbotoresgorontalo.blogspot.co.id, Limboto – menjaga situasi yang aman dan kondusif pada wilayah desa binaan, Bhabinkamtibmas Kel. Hutuo Polsek Limboto Polres Gorontalo Brigadir Moh. Sahlan melaksanakan problem solving permasalahan hutang piutang yang terjadi antara Pr. TB dan Pr. EM yang merupakan warga binaannya.

Mengatasi hal itu, Bhabinkamtibmas melakukan mediasi atau musyawarah dengan di dampingi oleh Babinsa dan Aparat desa serta menghadirkan kedua belah pihak yang bermasalah beserta keluarga masing masing yang akan menyelesaikan permasalahan dengan cara musyawarah kekeluargaan.

Dalam kegiatan problem solving pada hari Jumat tanggal 15 Maret 2019, di mana Bhabinkamtibmas Brigadir Moh. Sahlan bersama dengan Babinsa dan Aparat Desa menjadi penengah masalah antara kedua warga yang bermasalah, di mana pada tahun 2017 Pr. TB meminjam uang atau berhutang kepada Pr. EM sebesar Rp. 80.000.000 dan baru di bayarkan sebesar Rp. 19.000.000 dan selama tahun 2018 sampai dengan Bulan Maret tahun 2019  Pr. TB sudah tidak lagi melakukan pembayaran kepada Pr. EM.

Setelah di lakukan mediasi oleh ketiga pilar yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa dan aparat desa mendapatkan hasil bahwa Pr. TB berjanji akan melunasi hutangnya dengan cara menyicil uang setiap bulan sebesar Rp. 500.000 hingga Rp. 1.000.000 kepada Pr. EM yang telah di tuangkan dalam surat pernyataan dan di tandatangani oleh kedua belah pihak yang bermasalah.

Kemudian kedua belah pihak saling meminta maaf dan berjabatan tangan di hadapan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Aparat Desa yang membuktikan bahwa permasalahan hutang piutang tersebut telah di selesaikan dengan cara musyawarah kekeluargaan dan tidak ada yang menyimpan dendam di antara kedua pihak yang bermasalah

Di sela sela mediasi, Bhabinkamtibmas juga memberikan nasehat kepada kedua belah pihak agar setelah kejadian ini tetap menjalin hubungan baik talisilaturahmi  serta tidak menyimpan dendam antara kedua belah pihak yang bermasalah.

“Pentingnya hidup rukun dan damai serta toleransi, kemitraan dan dengan adanya kegiatan problem solving ini,  permasalahan tersebut bisa di mediasi dan di selesaikan secara musyawarah bersama antara kedua belah pihak” ujar Bhabinkamtibmas.

Bhabinkamtibmas juga menghimbau pada keduanya,agar segala bentuk persoalan terkait dengan masalah ini di mohon untuk tidak menyimpan dendam atau berselisih dalam bentuk apapun,tetaplah menjadi masyarakat yang humanis dan saling membantu dalam kondisi apapun.



Penulis :           Desry
Publish :           L_Humas

0 komentar:

Posting Komentar