POLRES GORONTALO
SELAMAT DATANG DI TRIBRATA NEWS POLRES GORONTALO

Tulisan Bergantian

Minggu, 16 September 2018

BHABINKAMTIBMAS DESA MONANO, LAKUKAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PERMASALAHN WARGA BINAAN



Limbotoresgorontalo.blogspot.co.id, Limboto – Salah satunya tugas Polri yaitu sebagai pelayan masyarakat dalam menciptakan kamtibmas, Bhabinkamtibmas Desa Monano Polsek Anggrek Polres Gorontalo Brigadir Wiryo Lawani melaksanakan Problem Solving, Jumat (14/09).

Bertempat di kantor Desa Mokonowu sebagai desa sentuhan,  Bhabinkamtibmas Brigadir Wiryo Lawani menyelesaikan permasalahan yang terjadi antara Sdr Basrin Asama 25 tahun pekerjaan petani dengan Sdri Riko Tahir 48 tahun pekerjaan URT.

Sesuai Laporan masyarakat bahwa permasalahan  tersebut berawal dari Sdri Riko Tahir telah menuduh Sdr Basrin Asama yang telah mencuri ayam milik sdri Riko Tahir karena Sdra Basrin Asama tidak terima dengan tuduhan tersebut langsung mendatangi dan mengeluarkan kata kata kotor terhadap sdri Riko Tahir.

Dan menurut keterangan saksi sdra Acon Asama ayam milik sdri Riko Tahir tersebut bukan di curi oleh sdra Basrin Asama melainkan dimakan oleh hewan lain yaitu anjing, karena saat itu saksi sdra Acon Asama dan saksi sdra Usman Saini melihat anjing tersebut memakan ayam milik sdri Riko Tahir.

Menyikapi permasalahan tersebut Brigadir Wiryo Lawani selaku Bhabinkamtibmas memanggil dan mengumpulkan kedua belah pihak yang bermasalah beserta saksi untuk dilakukan mediasi secara musyawarah karena kedua belah pihak masih ada hubungan keluarga.

Hasil dari musyawarah tersebut bahwa kedua belah pihak bisa menerima, mengerti dan memahami sehingga kedua belah pihak yang bermasalah saling meminta maaf karena sdri Riko Tahir merasa bersalah atas tindakannya yang telah menuduh  sdra Acon Asama serta sdra Acon Asama yang telah mengeluarkan kata kata kotor terhadap sdri Riko Tahir dan di buatkan surat pernyataan berjanji tidak akan mengulangi lagi perbuatan yang bisa melanggar hukum.

Dan tak lupa, Bhabinkamtibmas memberikan nasehat dan himbauan Kamtibmas  bahwa pentingnya hidup rukun dan damai sehingga terciptanya lingkungan yang aman tanpa ada permusuhan antar masyarakat serta mengajak kedua belah pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban di desa.

Bhabinkamtibmas berharap dengan adanya problem solving ini, permasalahan yang di alami oleh setiap warga masyarakat binaannya dapat di selesaikan dengan musyawarah sehingga tidak sampai ke ranah hukum.

“Sudah menjadi tugas dan kewajiban kami selaku Bhabinkamtibmas untuk melakukan giat problem solving dengan memediasi setiap permasalahan yang terjadi di Desa binaannya dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas tetap kondusif, pungkas Bhabinkamtibmas.




Penulis       :    Desry
Publish       :     L_Humas


0 komentar:

Posting Komentar