POLRES GORONTALO
SELAMAT DATANG DI TRIBRATA NEWS POLRES GORONTALO

Tulisan Bergantian

Senin, 05 Februari 2018

BERPERAN AKTIF DALAM PEMBANGUNAN DITUNJUKKAN BHABINKAMTIBMAS DESA LUPOYO DENGAN MENGHADIRI MUSRENBANGDES



Limbotoresgorontalo.blogspot.co.id, Limboto – Berperan aktif dalam pembangunan ditunjukkan Bhabinkamtibmas Desa Lupoyo Bripka Herdin Laka dengan menghadiri musrenbangdes untuk pembangunan tahun 2019 di Aula Kantor Desa Dulamayo Utara (06/02).

Kegiatan tersebut dilaksanakan Pada hari Senin Tanggal 05 Februari 2018 pukul 09.30 wita, yang di hadiri oleh dari kecamatan yaitu Camat Telaga Biru Bapak Saiful Hippi SE, M.si, pemerintah desa yaitu Kepala Desa Dulamayo Utara Bapak Amir Kasim S.pd, dari Tim Musrenbangdes Kec. Telaga Biru, Ketua BPD Bapak Mahmud Y. Igirisa, Ketua LPM Desa Dulamayo Utara Bapak Sudin K. Nadi dan Staf/aparat Desa Dulamayo Utara serta masyarakat Desa Dulamayo Utara yang sempat hadir dalam kegiatan tersebut .

Musrenbangdes merupakan kelanjutan dari titik dusun yaitu penyerapan usulan dari masing-masing dusun tentang usulan pembangunan yang menjadi prioritas, hasil dari musrenbangdes selanjutnya akan di bawa ke musrenbangcam di tingkat Kecamatan, sehingga Bhabinkamtibmas sebagai salah satu tiga pilar desa, diwajibkan untuk selalu mendukung dan mensukseskan setiap kegiatan yang ada di desa.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Bripka Herdin Laka mengatakan bahwa musrenbangdes ini sangat penting guna kelangsungan pembangunan yang ada di desa serta mengingatkan tentang pembangunan dana desa jumlahnya milyaran rupiah agar dilaksanakan dengan transparan dan akuntabel.


Selain itu Bhabinkamtibmas menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban pada saat pelaksanaan rapat musrenbangdes dimulai, supaya memberikan kesempatan kepada moderator untuk memaparkan kegiatan yang akan di rencanakan kedepannya, apabila pemaparan tersebut telah selesai dilaksanakan maka kepada seluruh masyarakat yang hadir di berikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat dan apabila hal tersebut disepakati bersama dengan masyarakat lainnya serta seluruh peserta musrenbangdes maka musyawarah mufakat ini akan di tutup, karena pelaksanaan rapat ini di adakan dengan cara terbuka untuk diketahui seluruh masyarakat desa demi terciptanya perencanaan pembangunan dan kemajuan desa untuk masyarakat desa itu sendri.

Adapun usulan program pembangunan di tahun 2019 meliputi pembangunan jalan pemukiman rabat beton panjang 6000 meter di 5 Dusun, rencana sumber anggaran (dan provinsi), pembangunan mck dan jamban sumber dana (dana desa), pembangunana rumah layak huni (Mahyani) sumber dana (dana desa) ,peningkatan jalan pemukiman warga sumber dana (dana desa), perbaikan pemeliharaan kantor Desa Dulamayo Utara sumber dana (dana desa) dan pelatihan menjahit kepada warga yang di danai oleh BUMDES.

Hasil yang dicapai dalam penetapan program perencanaan pembangunan Desa tahun anggran 2019 yaitu pembuatan jalan rabat beton di 5 dusun, peningkatan MCK dan jamban, peningkatan jalan permukiman warga dan peningkatan rumah layak huni bagi orang kurang mampu atau miskin yang belum memiliki rumah serta peningkatan jalan pemukiman rabat beton.

Sebelum kegiatan rapat berakhir Bhabinkamtibmas Desa Tualango berpesan agar dana desa yang jumlahnya sangat besar perlu mendapat perhatian semua pengawasan dari seluruh elemen masyarakat di perlukan untuk memperkecil potensi penyalahgunaan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab serta apabila ada hal yang mencurigakan untuk dilaporkan kepada Bhabinkamtibmas dan kepala desa untuk ditindak lanjuti.



Penulis    :     D e s r y

Publis       :     (L_Humas)

0 komentar:

Posting Komentar