POLRES GORONTALO
SELAMAT DATANG DI TRIBRATA NEWS POLRES GORONTALO

Tulisan Bergantian

Rabu, 21 Februari 2018

WASPADA DEMAN BERDARAH, BHABINKAMTIBMAS HIMBAU WARGA UNTUK MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN



Limbotoresgorontalo.blogspot.co.id, Limboto – Waspada penyakit deman berdarah, Bhabinkamtibmas Polsek Telaga Aipda Mukti Tapulu melaksanakan peninjauan di wilayah pemukiman warga desa binaannya yang rawan demam berdarah  serta menghimbau kepada warga di Dusun IV Desa Tenggela Kecamatan Tilango untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar, Senin (22/02) jam 21.31 wita.

Penyakit deman berdarah adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue (tipe 1, 2, 3, 4), virus ini masuk ke peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk dari genus Aedes, misalnya Aedes aegypti atau Aedes albopictus, nyamuk ini dapat mengganggu system pembekuan darah dan pembuluh darah sehinggah dapat menyebabkan perdarahan bagi korba.

Adapun kegiatan yang di lakukan oleh Bhabinkamtibmas Aipda Mukti Tapulu merupakan salah satu program kerja GERLING AMBEHATI,  dimana Bhabinkamtibmas menjadi Motor penggerak   Kebersihan Desa dan insiator pemberantas Sarang Nyamuk Demam berdarah di Desa Tenggela Kec. Tilango.

Pada kesempatan tersebut Aipda Mukti Tapulu menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada warga binaannya, mengingat sekarang lagi musim hujan agar masyarakat membuat jalan air untuk membuang air tergenang sehingga tidak terjadi genangan air yang bisa berdampak tumbuhnya Jentik-jentik nyamuk dan air yang tergenang lama akan menimbulkan bau yang tidak sedap serta membersihkan selokan agar nyamuk penyebab demam berdarah tidak berkembang biak dan menimbulkan penyakit.

“Biasanya dimusim hujan populasi nyamuk demam berdarah meningkat karena banyaknya tempat terinduk nyamuk sehingga nyamuk mudah berkembang dan semakin potensial menggigit anak dan remaja sehingga akhirnya terjangkit demam berdarah” ujar Aipda Mukti Tapulu.

Selain itu, Bhabinkamtibmas Desa Tenggela berharap kepada warga binaannya untuk  selalu menggunakan prinsip 3 M, yakni menguras, menutup serta mengubur agar jentik-jentik nyamuk penyebab demam berdarah tidak bisa bertelur dan berkembang biak, sehingga warga harus mengubur sampah-sampah rumah tangga agar nyamuk tersebut tidak bisa bersarang dan tidak membuang sampah sembarangan.

Aipda Mukti Tapulu berpesan kepada orang tua agar tidak mengijinkan anak-anaknya bermain di genangan air hujan karena bisa mengakibatkan iritasi pada kulit, menimbulkan penyakit kutu air, penyakit eksim dan penyakit kulit lainnya dan saat hendak tidur di waktu siang atau malam hari agar memakai kelambu supaya nyamuk penyebar penyakit demam berdarah tidak masuk dan menggigit dan tak lupa untuk menyikat bak mandi dan manaburkan bubuk abate tempat yang ada genangan air.

Sebelum mengakhiri kegiatan Aipda Mukti Tapulu mengatakan, lingkungan yang bersih dan sehat merupakan harapan  semua orang sehingga bila semua masyarakat sudah menjadikan kebersihan itu adalah utama, maka penyakit yang namanya demam berdarah akan terhindar.



Penulis    :     D e s r y

Publis       :     (L_Humas)

0 komentar:

Posting Komentar