POLRES GORONTALO
SELAMAT DATANG DI TRIBRATA NEWS POLRES GORONTALO

Tulisan Bergantian

Senin, 19 Februari 2018

TEROBOSAN KREATIF PROGRAM “GERLING AMBEHATI” OLEH AIPDA MUKTI YANG BERSINERGI DENGAN PROGRAM PEMERINTAH DESA TENGGELA TILANGO.




limbotoresgorontalo.blogspot.co.id, Limboto – Terobosan kreatif Program “GERLING AMBEHATI” oleh Aipda Mukti Tapulu Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Telaga Polres Gorontalo yang bersinergi dengan program pemerintah Desa Tenggela Kec. Tilango Kab. Gorontalo.

Program tersebut adalah program Gerakan Lingkungan yang aman, bersih, sehat dan indah yang  merupakan bentuk kepedulian seorang Aipda Mukti terhadap warga binaannya di desa tenggela kec. Tilango Kab. Gorontalo.

Hal ini berangkat dari pemikiran Aipda Mukti tentang adanya Program kerja Bhabinkamtibmas dalam mendukung program Pemerintah Desa Tenggela dengan Mengangkat Potensi Desa Tenggela menjadi Desa Pilot Projek dengan melalui program “GERLING AMBEHATI” baik di tingkat Daerah maupun Nasional, Mendukung isu Program Desa Aman, Desa Bersih, Desa Sehat dan indah menjadi program unggulan Desa Tenggela  dalam membangun masyarakat yang aman dan sehat, serta mendukung program Kesehatan "membangun masyarakat sehat ibu dan bayi selamat" yang di polopori oleh Bidan Desa Teggela agar menjadi program tingkat daerah tetapi menjadi program Nasional.

Program ini juga merupakan tindak lanjut dari program awal yang sudah dijalankan oleh Aipda Mukti yakni " Bersih-bersih Kampung”.

adapun program “GERLING AMBEHATI” adalah sebuah gerakan secara menyeluruh dan nyata yang akan berdampak luas bagi masyarakat khususnya warga desa Tenggela, dimana yang menjadi Penggerak program ini adalah seluruh pemerintah Desa, BPBD, LPM, Bhabinkamtibmas, Bidan Desa, Tim PKK Desa, Kader Kesehatan, Kader Posyandu, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan seluruh masyarakat Desa Tenggela itu sendiri.

Selain itu, Program ini didukung oleh program-program lain seperti :
1.         Mengoptimalkan Polmas, Linmas dan Pemuda sebagai Garda utama menjadi satgas aman desa.
2.         membangun atau mengaktifkan kembali Siskamling dalam menjaga keamanan lingkungan, terutama mengamankan wilayah dari berbagai aksi pencurian, aksi terorisme dan penyebaran paham radikalisme.
3.   peningkatan upaya sadar hukum masyarakat dengan mengoptimalkan sosialisasi hukum di segala bidang.
4.         Memproklamirkan BUDAYA MALU sebagai budaya masyarakat Desa Tenggela.
5.        Program NO Narkoba, NO. Judi, NO  Miras, NO Terorisme dan menolak radikalisme dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat yang menjadi pelopor program tersebut.
6.   program penanganan masalah pelanggaran hukum yang terjadi dimasyarakat dengan melibatkan Polmas sebagai komponen utama yang akan menyelesaikan masalah di masyarakat agar setiap masalah yang timbul dapat di selesaikan dengan cara musyawarah sehingga tak semua masalah yang terjadi di antara masyarakat berakhir dengan proses hukum.
7.         meningkatkan program bersih-bersih Kampung secara kontinyu dan terarah.
8.         program buang sampah pada tempatnya, memisahkan sampah kering dan sampah basah
9.         program menjadikan sampah menjadi barang komoditas dan bernilai ekomoni.
10.     program membangun bank sampah.
11.  Program pemeriksaan kesehatan secara berkala dan kontinyu kepada masyarakat dengan cara mengoptimalkan kinerja bidan desa beserta kader kesehatan dengan sistim terpadu dan terarah yang di tinjau dari aspek pendataan bagi masyarakat yang sakit hingga pada tingkatan pelayanan pengobatan secara berjenjang sehingga masyarakat yang sakit dapat sembuh dari penyakitnya.
12.  Peningkatan program kesehatan bagi ibu hamil dan ibu nifas serta bayi lewat posyandu mandiri  sehingga tingkat kematian ibu dan bayi bisa di tekan.
13.     Program perlindungan kesehatan bagi penyandang Disabilitas.
14.     pemberian asupan gizi yang baik bagi ibu hamil dan balita.
15.     program pembantuan bagi warga masyarakat yang sakit namun belum tercover oleh bantuan.
16.     Menjadikan Desa Tenggela sebagai daerah pendonor darah.

Dengan adanya program ini, harapan dari Aipda Mukti yaitu tercipta suasana aman, asri dan indah di desa tenggela, dimana setiap masyarakat pasti akan mendambakan situasi seperti itu serta menjadikan desa tenggela akan terlihat indah dan nyaman, bebas gangguan kamtibmas.

Penulis    :     D e s r y

Publis    :               (L_Humas)

0 komentar:

Posting Komentar