POLRES GORONTALO
SELAMAT DATANG DI TRIBRATA NEWS POLRES GORONTALO

Tulisan Bergantian

Jumat, 09 Februari 2018

SIMULASI SISPAM KOTA DI WILAYAH HUKUM POLRES GORONTALO DALAM RANGKA PILKADA TAHUN 2018


Limbotoresgorontalo.blogspot.co.id – Kegiatan simulasi sispam kota di wilayah hukum Polres Gorontalo dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gorut tahun 2018 bertempat di lapangan Kantor Bupati Gorontalo Utara di ikuti sekitar 340 orang beserta tamu undangan, dalam simulasi ini seluruh kekuatan termasuk instansi lainnya ikut ambil bagian.

Kegiatan ini di selenggarakan oleh Polres Gorontalo pada hari Jumat tanggal 06 Februari 2018 sekitar pukul 09.00 wita yang di hadiri oleh Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs. Rachmad Fudail, SH. MH , Irwasda Polda Gorontalo Kombes Pol Agus Supriyanto, SIK beserta para PJU Polda Gorontalo yang sempat hadir, Kapolres Gorontalo AKBP Purwanto, SIK MH, Wakapolres Gorontalo Kompol Roberto A. Uda, SIK MH, Unsur TNI Angkatan Darat dan Angkatan Udara, Wakil Bupati Gorontalo Utara Drs. H. Roni Imran, Ketua KPU Gorontalo Utara, Unsur Pemda Kabupaten Gorontalo Utara,  para Perwira dari masing-masing satker baik Polda maupun Brimob serta para Kabag, Kasat, Kapolsek serta Perwira Polres Gorontalo.


Kegiatan Simulasi Sispam Kota Kab. Gorontalo Utara dilaksanakan dengan beberapa tahap skenario gangguan Kamtibmas yang dilakukan oleh petugas gabungan kepolisian dalam menghadapi Pilkada Kab. Gorontalo Utara Tahun 2018 yang diatur dalam perkap No. 16 Tahun 2006 tentang Pam Unjuk Rasa.

Hal ini juga dilakukan untuk melatih kemampuan dan keterampilan dalam menangani massa pengunjuk rasa sesuai dengan tahapan cara bertindak pada situasi hijau, situasi kuning sampai dengan situasi merah serta dalam hal pengaman dapat berjalan aman dan terkendali sehingga stabilitas keamanan masyarakat sejak awal tahapan yaitu pada saat pendaftaran pasangan calon sampai dengan tahapan masa tenang dapat berjalan aman tanpa ada gejolak yang dapat menimbulkan kerawanan kamtibmas serta mobilitas kegiatan masyarakat di kab. Gorontalo Utara berjalan dengan normal.


Jalannya Simulasi Sispam Kota Kab. Gorontalo Utara dimulai dari skenario I yaitu satuan lalu lintas melakukan pengawalan terhadap masa aksi yang bergerak menuju Kantor KPUD Kab. Gorut, skenario II Tim Negosiator yang di Pimpin langsung oleh Kasat Binmas langsung melakukan nego awal kepada pengunjuk rasa, skenario III Pasukan Dalmas awal masuk untuk mengamankan sebagai lapis kekuatan dan membentuk formasi bersaf lurus dengan menggunakan tali dalmas, skenario IV  massa semakin memanas sehingga Dalmas Lanjut masuk untuk memperkuat pengamanan dan scenario V Massa tidak dapat di kendalikan sehingga Pasukan PHH Sat Brimob Polda Gorontalo masuk untuk memback up guna membubarkan massa aksi yang anarkis di depan Kantor KPUD Kab. Gorut serta unit Rainmas dan Unit K9 tetap berada di sisi kiri dan kanan Pasukan Dalmas Lanjut untuk melakukan penebalan mendukung pasukan PHH Sat Brimob Polda Gorontalo.

Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs. Rachmad Fudail, SH. MH mengatakan bahwa kita semua sungguh-sunggu menyadari system pemerintahan Indonesia adalah demokrasi, Pilkada merupakan pesta demokrasi yang besar, oleh karna itu mari kita siapkan segala aspek serta seluruh potensi sumber daya yang ada, guna mensukseskan pesta demorkrasi ini dan penyelenggara pemilu ini berjalanan secara demokrasi, karena tanpa kesiapan tersebut kita tidak mungkin dapat mengawal dan mengamankan pesta demokrasi secara aman, tertib dan lancar.



Selain itu, Kapolda Gorontalo mengajak bersama-sama dengan Tim pengamanan lainnya bisa satu pola pikir, satu pola sikap dan satu pola tindak termasuk TNI untuk bersama-sama mensukseskan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2018 sehingga menghasilkan pemimpin Kab. Gorontalo Utara kearah yang lebih baik.

Sistem pengamanan ini merupakan sistem pengamanan untuk mengantisipasi adanya pergerakan massa yang akan menguasai titik-titik seperti kantor pemerintahan, panwaslu serta KPU Kab. Gorontalo Utara  dan mengendalikan gangguan kamtibmas  dengan metode pre-emtif, preventif dan refresif terbatas dengan tujuan mengamankan Kabupaten Gorontalo Utara, objek vital serta yang akan melakukan tindakan anarkis untuk menghambat proses pilkada di Kabupaten Gorontalo Utara.

Sebelum kegiatan berakhir  Kapolda Gorontalo berharap bukan saja berfokus pada antisipasi pergeseran massa saja, lebih dari itu perlu dikembangkan lagi seperti perlibatan kuat pers yang akan di tempatkan di obyek vital, komunikasi antar fungsi serta laksanakan tugas dengan baik dengan mengenali tugas pokok, kewenangan, tantangan, ancaman dan gangguan yang mungkin timbul dalam pelaksanaan tugas pengamanan tahapan pilkada serentak tahun 2018 serta menegaskan khususnya anggota Polri harus bersikap netral dan tidak terlibat dalam politik praktis.




Penulis    :     D e s r y

Publis    :     (L_Humas)

0 komentar:

Posting Komentar